Fakultas Sastra dan Lemlit Unitomo Berikan Pelatihan Kuliner Jepang di Kampung Sakura Kota Batu


Selasa, 9 Januari 2024, Fakultas Sastra dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Lemlit) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Kampung Sakura, kawasan RT 5 RW 11 Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu, dengan tema, "Pengembangan Pengelolaan Wisata Kampung Sakura untuk Mencapai Desa Berdaya."  Dalam upaya untuk memperkuat keterlibatan akademisi dalam pemberdayaan masyarakat, kegiatan ini dipimpin oleh Dekan Fakultas Sastra, Dra. Cicilia Tantri Suryawati, M.Pd., dan Kepala Lemlit, Dr. Dra. Eny Haryati, M.Si.

Dosen dan mahasiswa dari Fakultas Sastra turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, memberikan pelatihan pembuatan berbagai jenis makanan khas Jepang, seperti Takoyaki dan Sushi. Dra. Listyaningsih, S.S., seorang ahli kuliner Jepang, memberikan instruksi langsung kepada peserta yang terdiri dari anggota PKK dan pengurus Kampung Sakura. Selain kuliner, peserta juga diberkan pelatihan seni melipat kertas atau yang dikenal dengan nama Origami,  oleh Desy Irmayanti, S.S, M.Pd. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperkuat Kampung Sakura sebagai destinasi wisata yang tidak hanya menampilkan model perkampungan ala Jepang, tetapi juga menyajikan berbagai kuliner khas Jepang.

Melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini, Fakultas Sastra dan Lemlit Unitomo berharap dapat memberikan kontribusi positif dalam mengembangkan potensi pariwisata dan keberlanjutan Kampung Sakura, sambil meningkatkan keterampilan masyarakat setempat dalam bidang kuliner khas Jepang.


Share this Post