Ibadah Utama di bulan Ramadan Selain Puasa



Selain puasa, ada beberapa ibadah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan di bulan Ramadan. Berikut adalah beberapa ibadah yang paling utama di bulan Ramadan selain puasa:

  1. Shalat Tarawih. Shalat Tarawih adalah shalat sunnah yang dilakukan pada malam hari di bulan Ramadan setelah shalat Isya. Ini adalah ibadah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan karena pahalanya besar dan bisa meningkatkan kebersamaan umat Muslim dalam ibadah.
  2. Membaca Al-Quran. Membaca Al-Quran adalah ibadah yang sangat dianjurkan di bulan Ramadan. Banyak umat Islam yang menetapkan target untuk membaca Al-Quran secara penuh atau sebagian selama bulan ini. Ada juga tradisi untuk menyelesaikan membaca Al-Quran selama Ramadan dalam acara yang disebut Khatam Al-Quran.
  3. Berzikir dan berdoa. Memperbanyak zikir dan doa juga merupakan ibadah yang sangat dianjurkan di bulan Ramadan. Mengingat nama Allah, memohon ampun, dan memperbanyak doa kepada-Nya adalah cara untuk mendekatkan diri kepada Allah dan memperoleh pahala yang besar.
  4. Berinfak dan bersedekah. Bulan Ramadan adalah waktu yang sangat baik untuk berinfak dan bersedekah kepada yang membutuhkan. Membantu orang lain dengan memberikan sumbangan atau melakukan amal kebaikan lainnya adalah salah satu bentuk ibadah yang sangat dianjurkan.
  5. I'tikaf. I'tikaf adalah ibadah di mana seseorang menetap di dalam masjid dengan tujuan beribadah dan menghindari hal-hal duniawi. Ini biasanya dilakukan pada 10 hari terakhir bulan Ramadan, terutama di malam Lailatul Qadar.
  6. Memperbanyak shalat malam (Tahajjud). Selain shalat Tarawih, memperbanyak shalat malam (Tahajjud) juga sangat dianjurkan di bulan Ramadan. Shalat malam merupakan waktu yang istimewa di mana doa-doa lebih didengar oleh Allah SWT.

Melakukan ibadah-ibadah tersebut selain puasa akan membantu seseorang mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memperoleh pahala yang besar di bulan Ramadan.

Share this Post