KKN Tematik Smart Village Beri Konsep Tepat Guna Bagi Perangkat Desa



Rabu (08/06), mahasiswa yang mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik "Smart Village" Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) memaparkan hasil program yang sudah dilaksanakan sejak Selasa (31/05), lalu saat dikunjungi Jajaran Wakil Rektor dan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEb) serta Dekan Fakultas Teknik (FT). Bertempat di Balai Desa Carangwulung Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang, Yunus Susilo, Penanggunng Jawab Program mengatakan KKN Tematik di Jombang menerapkan KKN Konsep untuk diberikan ke desa terkait. "Kami datang bersama sekitar 51 peserta menginisiasi memberikan konsep-konsep untuk membuat smart village, agar pengabdian ini bisa berkelanjutan tidak hanya normatif selama 10 hari di lokasi. Ke depan bila KKN Tematik lagi, peserta tinggal melanjutkan dari konsep yang telah dibuat pada semester ini", kata Ketua Prodi S1 Geomatika ini.

 

Menambahkan penjelasan Yunus, Natasya Maria Rosa Komaling, Koordinator Mahasiswa KKN Tematik "Smart Village" mengatakan ada setidaknya 6 konsep yang telah dibuat untuk desa sesuai dengan kebutuhan Desa Carangwulung. "Konsep yang telah kami matangkan bersama pemerintah desa di antaranya merancang Landasan Hukum untuk desa, membuat konsep pembangungan pasar pusat oleh-oleh untuk meningkatkan UMKM, Penegasan Batas Desa, Strategi promosi wisata dan UKM melalui media sosial,Konsep Cafe ala jepang penunjang pusat oleh-oleh, Sistem Administrasi Kependudukan Berbasis Website", jelas mahasiswa semester 6 Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) ini.

 

Sementara itu, Wakil Rektor 1, Amirul Mustofa mengaku bangga akan program yang telah dikolaborasikan dengan pemerintah desa. "Ini progres luar biasa, kami datang bersama pak Suyanto sebagai Wakil Rektor 2 bersama Wakil Rektor 3 pak Sucipto dan Wakil Rektor IV Prof. Nur Sayidah serta Dekan FEB pak JFX. Susanto Sukiman dan FT yakni pak Ahmad Choiron terkesan dengan konsep luar biasa yang ke depan bisa direalisasikan sesuai dengan prioritas dari desa terkait", ungkap Pelaksana Tugas (Plt.) Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) ini..

 

Ditemui di sela kegiatan, Sekretaris Desa Carangwulung, Pujianto mengatakan hadirnya mahasiswa Unitomo di desa selama kurang lebih 10 hari memberi manfaat luar biasa bagi desa. "Program konsep ini sangat tepat guna bagi kami, bahkan kami siap mendukung agar beberapa konsep yang sudah menjadi prioritas untuk kami realisasikan bersama", pungkasnya.

Share this Post