Praktikum Mahasiswa Geomatika Unitomo Gunakan Receiver F7 Palm-Siza GNSS+IMU


Sebanyak 17 mahasiswa Geomatika Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) Rabu (23/3) menguji coba pemakaian receiver GNNS Evic untuk pemetaan di lapangan Unitomo. Alat survei terbaru ini memiliki tingkat ketelitian dan keautentikan sangat tinggi dalam memeberikan informasi posisi. Data yang dihasilkan lebih tinggi dan digunakan untuk pengukuran lahan yang cukup teliti.

 

Menurut Ketua Program Studi Geomatika, Yunus, mahasiswa harus mengupdate penguasaan alat yang baru." Alat survei canggih terbaru di pasaran ini, dimensi baru yang dibutuhkan mahasiswa dalam praktek piranti terbaru dalam melaksanakan kegiatan pemetaan demografi yang tercanggih digunakan kalangan surveyor." ujarnya.

 

“Dalam pekerjaannya, terutama saat di lapangan, seorang surveyor sering menggunakan alat ini. Oleh karena itu, penting bagi mahasiswa untuk mengetahui dan akrab dengan alat ini." imbuhnya.

 

Karena alat ini relatif mahal sementara alat ini masih dipinjami, namun Yunus sampaikan dengan adanya alat ini dapat memberi pemahaman mahasiswa dan segera dimiliki prodi geomatika. "Ini merupakan salah satu siasat kami dalam memperkaya referensi mahasiswa dalam real project kedepan." pungkasnya.

 

Hal ini mendapat dukungan oleh Rektor Unitomo, Siti Marwiyah. Ditemui disela-sela kegiatannya, Iyat sapaan akarapnya, mengatakan Unitomo kedepan akan menjalin relasi dari perusahaan-perusahaan yang bisa mendukung segala kegiatan yang bisa menunjang prodi geomatika lebih baik. "Nanti kita bersama pak Yunus akan memetakan perusahaan-perusahaan yang kompeten untuk kita ajak kerja sama. Jadi tidak perihal alat cangggih saja, namun mahasiswa dapat melakukan magang. Jadi saat mahasiswa lulus sudah siap di dunia kerja." tutupnya.


Share this Post