Ratusan Mahasiswa KKN Tematik Unitomo Diterima Langsung Bupati Sidoarjo



Sabtu (04/06), Bertempat di Pendopo Delta Wibawa, sebanyak 251 mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Semester Genap Tahun Akademik (T.A.) 2021/2022 Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) diterima langsung oleh Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali. Dalam penerimaan mahasiswa KKN, peserta yang hadir didampingi Rektor, Siti Marwiyah bersama Wakil Rektor, Ketua Pusat Studi Bencana dan Lingkungan (PSBL), Ketua Panitia Pelaksana KKN, serta Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

 

Siti Marwiyah dalam sambutannya mengatakan kegiatan KKN Tematik di Kabupaten Sidoarjo sebelumnya telah dirintis oleh PSBL Unitomo sejak tahun 2017 di Desa Bungurasih dengan tema Dasawisma Siaga Bencana. "Kemudian tahun 2018 dengan tema Pasar Tangguh Bencana di Pasar Larangan Sidoarjo, tahun 2019 tentang Puskesmas Siaga Bencana di Trosobo. Sedangkan pada 2020 mengusung tema Pengurangan Risiko Bencana Berbasis Komunitas di Kec. Tanggulangin, selanjutnya 2021 di Sedati dengan tema Desa Wisata Berbasis Mitigasi Bencana. Dan saat ini di lima kecamatan di Sidoarjo dengan tema Sekolah / Madarasah Aman Bencana (SMAB) sesuai dengan Peraturan Kepala (Perka) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) nomor 4 thn 2012 tentang Sekolah Madrasah Aman Bencana atau SMAB yang lahir saat Prof Syamsul Maarif menjadi kepala BNPB periode 2008 - 2015", jelasnya.

 

Iyat, sapaan akrab rektor perempuan pertama Unitomo menambahkan hadirnya mahasiswa KKN di Sidoarjo semoga bisa memberikan kontribusi sesuai program yang telah disusun bersama DPL. "Pak Bupati, kami titipkan mahasiswa kami untuk bisa mengabdi pada masyarakat di wilayah Sidoarjo. Dan untuk mahasiswa, lembaga menitipkan nama harum Unitomo untuk tetap dijaga etika dalam bermasyarakat melaksanakan program", imbuhnya.

 

Sementara itu, Ahmad Muhdlor Ali, Bupati Sidoarjo mengatakan sangat berterimakasih dan memberikan apreasi yang tinggi bisa kedatangan mahasiswa KKN Tematik untuk melaksanakan program-programnya di 8 kecamatan yang ada di Sidoarjo. "Teman-teman mahasiswa akan tersebar di kecamatan Waru, Porong, Jabon, Krian, Taman, Tanggulangin, Sedati, dan Sidoarjo. Kami siap support mensukseskan program KKN yang telah disusun agar bisa bersinergi dengan baik antara akademisi dengan pemerintah kabupaten", ujarnya.

 

Ditemui di sela kegiatan, Pelaksana Tugas (Plt.) Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM), Amirul Mustofa mengatakan peserta KKN Tematik di Sidoarjo terbanyak yang diterjunkan ke lapangan dibanding mahasiswa yang diterjunkan di Kabupaten Jombang, Kota Surabaya, Kota Batu, dan Kabupaten Blitar. "Minggu depan akan kita berangkatkan mahasiswa KKN Tematik ke Kota Batu dan Kabupaten Blitar. Harapannya mahasiswa bisa mengimplementasikan program yang telah disusun matang oleh DPL dan penanggung jawab program", pungkasnya.

Share this Post